“Pentingnya Etika Digital Di Media Sosial”

  Bengkulu - Seperti yang kita ketahui dengan berkembangnya zaman, teknologi zaman sekarang ini sudah mulai mengalami perkembangan yang drastis hingga mencapai hal-hal yang membuat manusia merasa mudah dan nyaman, sehingga rutinitas-rutinitas yang sulit pun bisa diselesaikan dengan mudah dan dalam waktu yang singkat. Dalam hal ini akan menjelaskan tentang pentingnya etika digital di era modern ini.
Seberapa penting nya sih etika digital? Digital ethic atau biasa disebut dengan etika digital, etika merupakan norma, tata cara, tata krama seseorang dalam melakukan sesuatu, hal-hal yang berhubungan dengan internet, teknologi bisa kita sebut dengan digital. Jadi secara keseluruhan, etika digital merupakan salah satu hal yang kita butuh kan untuk menyadari, memikirkan, mengembangkan tata krama/etika kita ketika kita surfing ke dalam internet, sebab kebiasaan yang di lakukan para-para pihak yang menyimpang sangat banyak dan terjadi di mana-mana. 

Dalam etika digital manfaat apa saja yang bisa kita dapatkan? Yaitu memungkinkan kita bisa melatih soft skill dalam memberikan informasi dan komunikasi kepada masyarakat, menyalurkan wadah inspirasi dalam berkomunikasi serta dapat menjalankan suatu bentuk usaha yang membuat orang untuk berpikir kritis serta Pendidikan literasi yang cukup. Media sosial merupakan sarana informasi yang sangat luas terdapat apa pun di dalam termasuk dampak negatif dan positif.
Dampak positif beretika di media sosial
Memudahkan komunikasi dan mencari informasi.
Sebagai sarana pembelajaran.
Sebagai sarana hiburan pada semua kalangan.
Dampak negatif beretika di media sosial
Mengganggu kesehatan mental.
Kecemburuan sosial serta penyimpangan sosial.
Penyebaran informasi palsu.
Situs terlarang seperti pornografi dan sebagainya.
Dari 2 dampak di atas dampak negatif yang harus di tekan karena dengan pentingnya etika digital merupakan bentuk upaya edukasi membuat kurangnya dampak-dampak yang tidak kita inginkan, seperti kasus bullying pada media sosial yang menyebabkan kasus kematian pada seseorang akhirnya terkena mental hingga kasus bunuh diri.
Pentingnya etika dan penggunaan bahasa dalam bermedia sosial merupakan upaya meminimalisir dalam mengurangi kasus penyimpangan sosial dalam media. Pendidikan usia dini dan literasi media digital adalah bentuk yang tepat di terapkan kepada semua pengguna media massa. Jadi, sekarang adalah saat yang tepat untuk bersikap bijaksana dan penggunaan bahasa yang baik dalam bermedia sosial karena di modern ini ada peribahasa yang sesuai yaitu (jarimu adalah harimaumu). Terima kasih

                                                          Rahmat Gemilang C Bothy (D1C020045)
                                                                                                    S1 Jurnalistik

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *